3 Tips Mengatur Gaji Kecil, Biar Gak Pusing di Akhir Bulan

3 Tips Mengatur Gaji Kecil, Biar Gak Pusing di Akhir Bulan

Siapa bilang gaji kecil gak perlu diatur? Justru karena penghasilan yang masih minim itulah perlu pengelolaan yang baik agak tidak butung diakhir bulan.

Meskipun gaji kecil bila di manage dengan baik akan sangat bermanfaat buat kita. Kamu tentu pernah mendengar bukan, seorang pemulung yang penghasilannya yang kecil bisa berangkat Haji atau Umroh setelah menyisikan penghasilannya selama beberapa tahun.

Kuncinya bukan seberapa banyak income tetapi seberapa disiplin dalam mengatur keuangan. Jadi nggak ada ruginya belajar mengatur  gaji. Gaji kecil tetap harus diatur. Ini terutama berlaku buat fresh graduate yang baru dapat kerja.

Biasanya lulusan anyar yang baru masuk dunia kerja masih menerima gaji yang terbilang kecil. Masalahnya sudah gaji kecil sering amblas pula nggak tahu kemana juntrungannya.

Sebagian dari mereka memang belum memikirkan pengeluaran keuangan. Tapi tidak semua sih, masih ada beberapa yang mengatur pengeluarannya agar bisa menabung untuk modal nikah coy. Maklum biasa nikah semakin mahal, apalagi kalau mengadakan pesta pernikahan yang wah, ampun dah.

Kebanyakan mereka lebih suka hura-hura daripada menabung gaji. Apalagi berbicara tentang investasi, mungkin malah belum ada tuh hal begitu di pikiran mereka.

Tapi emang bisa? Gaji cuma 3 juta buat investasi? Buat makan sama sewa kotrakan aja sudah habis. Tentu bisa dong bahkan gaji dibawah itupun masih bisa berinvestasi, asal tahu caranya, hehe. Nah buat kamu yang ingin cepet nikah, *eh maksud saya pengen belajar investasi, coba ikuti saja tips mengatur gaji kecil di bawah ini.

Bikin Rencana Keuangan

Bikin Rencana Keuangan
pixabay.com

Membuat rencana keuangan sangat penting sob, biasanya orang yang boros nggak punya perencaan yang baik, makanya uangnya bablas terus.

Buatlah pos-pos pengeluaran uang kemudaian atur sedemikian rupa sehingga gaji yang cukup untuk mengisi semua posnya. Kalau sudah ada anggaran, kita bisa mengendalikan diri biar gak melanggar batas pengeluaran per bulan.

Jadi intinya ada dua sob, membuat anggaran keuangan dan pengendalian diri. Jika anggaran sudah dibuat dan disusun rapi tapi kitanya nggak disiplin ya sama aja sob.

Belajarlah mematuhi peraturan sob, biar nggak kena semprit. Gaji boleh kecil tapi tabungan tetap harus gede sob. Jadi misal pacar minta dilamar dan siap hehe.

Berhemat dengan Trik

Berhemat dengan Trik Sederhana
pixabay.com

Hemat tidak harus pelitnya sob. Kamu tetap bisa berbelanja kok, meskipun dengan budget terbatas. Apalagi sekarang sudah era teknologi dimana akses informasi sangat mudah didapat. Kita bisa memanfaatkan berbagai situs promo untuk mencari tahu promo/diskon terbaru biar harga barang lebih murah.

Soal makan gimana? Belajar masak sendiri aja sob. Nggak ada ruginya kok, ketrampilan itu akan terpakai tersu kok. Jadi kita bisa makan menu-menu favorit tanpa harus keluar merogoh kocek dalam-dalam.

Yang pasti, hemat berbeda dengan pelit, ya. Kalau pelit itu misalnya sepatu udah butut, bolong, tapi masih dipakai dengan alasan ngirit. Coba cek sepatunya, kalau dah bolong dan gak ganti-ganti tandanya kamu pelit, huahaaaaa.

Belajar untuk Investasi

Belajar untuk Investasi
pixabay.com

Nah, poin ketiga ini yang paling penting sob. Yuupsss INVESTASI… Segaja tulisannya digedein biar pada lihat dan baca hehe. Jangan hanya belajar mencari uang sob, belajar juga cara menyimpan uang.

Menabung bukan termasuk investasi ya sob, karena bunga tabungan sangat kecil dan parahnya ketika menabung nilai tukar uang kita semakin turun. Lalu bagaimana cara investasi? Kalau punya budget lebih bagusnya beliin properti aja hehe.

Tapi kalau masih budget-nya masih terbatas belajar dari yang kecil aja dulu sob, misal ikut program nabung emas atau bisa ikut patungan reksadana. Pokoknya pilih aja yang resikonya gak bikin spot jantung hehe.

Sebagai orang bergaji kecil, kita gak perlu minder. Apalagi bersikap masa bodoh terhadap pengaturan keuangan. Yukk ah sama-sama belajar biar nggak susah tersu sob. Sekian dulu ya, semoga manfaat.